Website vs sosial media : Mana yang Lebih Baik untuk Berjualan? Di dunia ini, perkembangan teknologi semua kalangan dapat mengakses internet dari berbagai perangkat yang mereka miliki.

Pengguna Media Sosial pun, dari tahun ke tahun semakin meningkat. Salah satu media sosial yang populer hingga saat ini adalah facebook. Selain itu, berkembanglah instagram, telegram, whatsapp, dan lain-lain.

Panduan Lengkap Strategi Instagram Marketing yang Wajib Anda Coba di 2020

Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di negeri ini pada tahun 2017 ada sekitar 147 juta orang. Dilansir dari hasil survey APJII, Anda dapat memprediksikan di tahun yang akan datang, bahkan 10 sampai 20 tahun perkembangan teknologi pasti akan terus meningkat.

Dengan pengguna internet yang membeludak tersebut, banyak perusahaan, baik bisnis maupun jasa memanfaatkan fasilitas website dan  media sosial untuk membangun brand perusahaan dan meningkatkan penjualan produk mereka secara online. Lalu, seberapa efektif penggunaan media sosial ini?

Website Vs Sosial media mana yang lebih efektif untuk bisnis dan berjualan
https://unsplash.com/photos/CNbRsQj8mHQ

baca juga : Jasa Pembuatan Website & SEO ter-ekonomis Aceh

Media Sosial vs Website

Dilihat dari umur, website lebih dahulu lahir. Namun, untuk perkembangannya media sosial lebih dilirik oleh kebanyakan orang, terutama para pembisnis. Media sosial lebih diminati pembisnis muda, dalam melakukan kegiatan promosi, karena simple, praktis, dan gratis. Melalui media sosial,  interaksi dengan calon pembeli lebih cepat terjalin dan menyenangkan. Lalu, permasalahannya adalah banyak perusahaan, yang hanya fokus pada media sosial dan tidak memiliki toko online atau website. Pentingkah memiliki website? Berjualan melalui media sosial memiliki beberapa kelemahan-kelemahan dalam memasarkan produk, sebagai berikut :

Website untuk UKM Semakin Penting di Era Digital

1. Kurangnya detail informasi

Saat Anda mempromosikan bisnis melalui media sosial, Anda tidak dapat menampilkan keseluruhan informasi mengenai bisnis Anda. Bahkan, foto-foto yang dipajang di media sosial berukuran kecil dan tidak terlihat jelas. Karena, media sosial hanya melayani informasi singkat dan padat.  

Nah, berbeda dengan website, Anda dapat menyantumkan semua informasi mengenai usaha atau perusahaan Anda. Bahkan, website memiliki berbagai fitur komunikasi yang mempermudah pengunjung untuk melakukan komunikasi dan Anda dapat mengetahui keinginan calon pelanggan Anda.

strategi pemasaran dengan platform baru, mana yang lebih penting Website vs sosial media
Kurang nya detail informasi produk

baca juga : perancang acara bisnis yang kreatif & inovatif, dengan harga sesuai anggaran

2. Update informasi yang terlalu cepat

Pengguna media sosial, bukanlah hanya Anda. Melainkan, dari berbagai kalangan dan postingan yang dilakukan pun setiap hari. Dengan begitu, postingan yang telah Anda upload, sangat mungkin tertimbun oleh banyaknya postingan pengguna lain.

Mungkin, Anda dapat memperbaharui posting tersebut setiap hari. Pertanyaan, apakah Anda ada waktu untuk melakukan hal tersebut? Anda dapat mengefektifkan waktu menggunakan website.

UMKM di Tengah Pandemi : Tips Jitu Agar Tetap Bertahan

3. Anda tidak ditemukan di Google oleh calon pelanggan

Kebanyakan calon pelanggan, akan mencari Anda di Google sebagai sarana pencarian produk dan jasa pelayanan yang mereka cari. Karena, Google lebih efisien dibandingkan harus mencari satu persatu di media sosial. Google juga memberikan saran kata kunci, yang berkaitan dengan apa yang mereka cari. Kebanyakan yang akan muncul bukanlah nama akun media sosial Anda, tapi alamat-alamat website yang memiliki rating tertinggi.

baca juga : Design interior & Furniture Aceh gratis ongkir

4. Kurangnya kepercayaan

Advertisment

Semua calon pelanggan, tidak akan dengan mudah mempercayai akun media sosial yang Anda miliki. Mereka akan lebih percaya, jika Anda memiliki website profesional, komunikatif serta memberikan informasi dan kontak yang jelas.

Kesimpulan Media Sosial vs WebsiteDalam hal tersebut, tidak ada salahnya Anda menggunakan media sosial sebagai sarana memperluas jaringan. Namun, alangkah baiknya Anda memiliki website sebagai sarana penting untuk mempromosi dan menjelaskan semua informasi usaha bisnis Anda kepada calon pelanggan. Karena, website yang profesional akan memberikan kepercayaan yang besar terhadap mereka yang ingin mengetahui produk dan layanan jasa yang Anda miliki. Serta, akan memperkuat “Brand Image” bisnis atau perusahaan Anda.

baca juga : oleh oleh khas Aceh

Sebagian besar pemilik website atau toko online, menggunakan media sosial sebagai sarana memberikan tautan-tautan yang berisi informasi produk atau layanan yang sudah ada di website. Tentu hal tersebut lebih efisien, untuk mengembangkan produk atau jasa Anda.

Jadi, Anda harus memikirkan cara terbaik untuk menjawab tantangan dan persaingan dalam melakukan promosi penjualan. Solusi berupa memiliki website atau toko online adalah pilihan yang tepat untuk menghadapi persaingan secara global.