Apa itu Email Marketing? | Strategi pemasaran untuk memasarkan bisnis online bermacam-macam bentuknya. Ada yang memanfaatkan media sosial, dari mulut ke mulut, dan ada pula yang melalui email.

Di era digital seperti saat ini hampir semua orang memiliki email atau surat elektronik untuk beragam keperluan, baik itu untuk keperluan kerja, bisnis, media sosial hingga transaksi online. Oleh karena itu, pemasaran melalui email bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk memasarkan bisnis Anda. Strategi itu biasa disebut dengan email marketing. Nah dalam pembahasan kali ini kita akan mendalami apa itu email marketing?

Apa itu Email Marketing? sebagai strategi pemasaran

Baca Juga: Apa Itu Data Mining?

Mengutip dari Technopedia (12/4/2019), email marketing adalah penargetan konsumen melalui email biasanya dilakukan oleh para pelaku bisnis online. Email marketing ini dikirimkan kepada calon pelanggan yang belum pernah membeli produk, dan juga kepada konsumen yang memang sudah menjadi pelanggan di bisnis tersebut.

Dengan memahami, apa itu email marketing, seorang pengusaha dapat selalu terhubung dengan pelanggan ataupun calon pelanggan mereka secara terus menerus. Selain untuk menawarkan produk, email marketing juga dapat membuat hubungan antara pebisnis dengan para pelanggan tetap terjaga dengan baik dalam jangka panjang.

Keuntungan email marketing

Merujuk data dari thebalancesmb, email marketing memiliki keuntungan. Keuntungan pertama adalah menyangkut harga. Strategi ini adalah cara yang murah untuk mengiklankan perusahaan dan prosuk Anda jika dibandingkan dengan pemasaran lainnya.

Baca Juga: 5 Keuntungan Komunitas Pemasaran di Era Digital, Ternyata Masih Relevan

Selanjutnya, melalui email, Anda akan merasakan kemudahan. Kemudahan dalam mengatur dan melacak kampanye pemasaran email menjadikannya jenis pemasaran yang worth it untuk bisnis kecil.

Email Marketing Masih Relevan

Dalam era meningkatnya penggunaan media sosial untuk iklan, email marketing masih berkuasa, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh HostPapa:

– 94% pengguna Internet menggunakan email, sementara hanya 61% menggunakan media sosial

– 75% pengguna online dewasa mengatakan bahwa pemasaran email adalah metode pemasaran yang mereka sukai

Baca Juga: Kenapa Pengusaha Zaman Now Butuh Strategi Pemasaran Digital?

– Fitur “opt-in” email memungkinkan pemasaran dengan persetujuan

– Pemasaran email memungkinkan penargetan berdasarkan demografi (usia, pendapatan, dll.)

– Pesan email memiliki kemungkinan pemformatan yang jauh lebih luas daripada pesan media sosial

– Email menawarkan lebih banyak kemampuan pelaporan dan analitik, seperti rasio klik-tayang, tarif terbuka , rasio pentalan, dan konversi.

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar