Kalau anda ingin maksimal memanfaatkan Instagram untuk berbisnis, maka anda juga disarankan untuk juga menggunakan IGTV sebagai media pemasaran bisnis anda. Artikel ini akan membahas tentang 7 tips memanfaatkan IGTV sebagai media promosi untuk mengembangkan bisnis online Anda.
JIka anda sudah familiar main sosmed pasti tahu dengan fitur Instagram yang satu ini.
Berbeda dengan Instagram Stories yang mencoba menyaingi popularitas Snapchat ketika diluncurkan, IG TV dirilis untuk menyaingi kompetitor yang berbeda.
Instagram TV bisa dibilang merupakan salah satu upaya Facebook sebagai raja media sosial untuk menyaingi situs berbagi video Youtube yang dimiliki Google.
Keputusan ini merupakan langkah tepat karena kini pengguna yang menonton video terus melejit.
Langkah ini diantisipasi dengan merubah algoritma Facebook dan Instagram untuk makin mengutamakan konten beruba video dibanding postingan gambar.
Nah, khusus untuk bisnis online, Instagram TV bisa menjadi media yang dapat dimaksimalkan untuk membuat konten video yang lebih panjang dan berkualitas yang selama ini tidak bisa dilakukan di Insta Story.
Sebelum membahas 7 tips memanfaatkan dan menggunakan IG TV untuk bisnis online, ada baiknya anda memahami dulu apa itu IG TV dan kenapa anda harus menggunakannya sebagai channel marketing.
APA ITU IG TV?
IGTV(Instagram TV) merupakan aplikasi turunan milik Instagram untuk berbagi konten video dengan durasi yang lebih panjang.
Kalau anda posting video dengan cara biasa, baisanya hanya dibatasi selama 60 detik. Bahkan kalau pakai Insta Story, anda hanya bisa upload video paling panjang 15 detik.’
Dari pihak Facebook sendiri, mengatakan kalau kini IG TV merupakan salah satu fitur yang diutamakan dan dapat prioritas utama agar lebih banyak penontonnya.
Jadi sebagai pemilik bisnis, anda harus segera mengadaptasi fitur ini lebih cepat dibanding kompetitor.
Ingat! Perubahan ekosistem digital dan teknologi berkembang semakin cepat.
Siapa yang mampu beradapatasi dengan cepat dan menggunakannya dengan maksimal akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

IG TV saat diperkenalkan pertama kali
Kenapa Penting untuk Anda Membuat Konten yang Lebih Panjang di IG TV?
Dari sisi konsumen, kini perilaku user aplikasi smartphone baik di Indonesia maupun di dunia sudah jauh berbeda.
Kalau dulu anda suka menghemat data dan lebih memilih melihat gambar dibanding video, kini situasinya sudah berubah.
Semakin banyak konsumen yang menggunakan aplikasi untuk menonton video. Perilaku ini juga ditunjang dengan provider telekomunikasi yang semakin royal jualan paket data internet dan kecepatan internet yang makin cepat.
Apalagi kini semakin banyak spot-spot yang menyediakan wifi gratis.
Terbukti kini Youtube merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Itu artinya kebiasaan user untuk memilih konten yang lebih luas dan panjang semakin meningkat.
Nah, dari sisi anda sebagai pemilik bisnis, perilaku ini harus dimanfaatkan untuk menaruh informasi yang lebih lengkap dan jelas.
Jika dulu hal ini hanya bisa dilakukan di situs berbagai video seperti Youtube, kini anda hampir bisa menaruh video dengan durasi panjang hampir di semua sosmed populer.

Tampilan aplikasi instagram IGTV
IGTV merupakan salah satu channel berbagi video yang bisa anda gunakan.
Dengan konten yang lebih panjang dan lengkap, itu artinya anda memiliki ruang lebih besar untuk menyampaikan VALUE yang lebih banyak kepada konsumen.
Apalagi sudah banyak studi yang menyebutkan jika pengguna Instagram disebut lebih memiliki daya beli yang lebih tinggi dibanding pengguna media sosial lainnya.
Terbukti banyak pebisnis online yang sudah mahir sekalipun menyarankan untuk mengutamakan memasarkan produk dari Instagram.
TIPS MENGGUNAKAN IGTV SEBAGAI MEDIA PROMOSI BISNIS ONLINE
IGTV akan lebih maksimal jika anda memadukannya dengan postingan Instagram biasa dan Instagram Stories.
Postingan yang satu mempromosikan postingan lainnya dengan format yang berbeda. Dengan cara tersebut, konten yang anda buat akan saling support satu sama lain dan menghasilkan kontinuitas.
Berikut 7 tips memanfaatkan IGTV untuk mengembangkan bisnis online anda.
1. Buat video ‘Behind The Scene’
Sama seperti yang saya bahas di artikel tentang Instagram Stories, anda bisa membagikan beberapa kegiatan bisnis anda di Instagram seperti proses di belakang layar a.k.a Behind the Scene.
Kalau di Insta Story anda biasanya hanya bisa memposting video pendek atau gambar, IGTV membuat anda bisa nge-vlog dengan durasi yang lebih panjang.
Sudah terbukti video proses di belakang layar ini mampu membangun kepercayaan follower karena bisnis anda terlihat sungguhan.
Banyaknya scammer dan penipu di internet membuat konsumen menjadi lebih sulit bertransaksi dengan bisnis yang baru dia tahu. Jadi anda butuh membuat mereka percaya yang salah satu caranya adalah seperti ini.
Btw, jangan lupa untuk membuat videonya lebih menyenangkan ya misalnya minta para pegawai anda ata anda sendiri tersenyum ke kamera untuk memberikan citra ramah dan menyenangkan 🙂
tips memanfaatkan igtv bisnis online dengan membuat konten behind the scenes. Sumber : lelepons
2. Mengajarkan Follower Anda Sesuatu yang Baru dan Informatif
Salah satu metode marketing paling diapresiasi oleh pelanggan karena sifatnya tidak hard selling, adalah dengan mengajarkan atau mengedukasi.
Artinya, anda bersedia memberikan VALUE terlebih dahulu kepada penonton. Setelah prospek ini tahu cara menggunakan produk anda, mereka akan lebih percaya dengan anda dan produk yang anda jual.
Hal ini sering kali tidak dipahami oleh para pebisnis pemula. Mereka ujug-ujug menjual produk saja secara hard selling.
Siapa elo?
Padahal ada sekat yang memisahkan anda dan prospek ini yang namanya kepercayaan. Kepercayaan ini harus dibangun terlebih dahulu yang salah satu caranya adalah dengan memberikan video tutorial atau tips-tips sebagainya.
Cara ini bisa diadaptasi tidak hanya di IG TV. Anda bisa membuat konten video-video informatif ini di channel lain seperti webinar, blog atau media sosial lainya.

tips memanfaatkan igtv tutorial
3. Lakukan Sesi Q&A dengan follower
7 Tips memanfaatkan IGTV untuk bisnis online lainnya adalah dengan melakukan QnA untuk menjawab pertanyaan yang diajukan follower seputar bisnis dan produk anda.
Dengan menjawab pertanyaan follower, anda bisa memberikan penjelasan yang lebih lengkap dan detil. Hal ini sangat bagus karena mungkin ada saja beberapa yang tidak dimengerti mereka.
Jawab lah pertanyaan-pertanyaan seperti siapa anda? apa yang anda jual? kenapa follower anda harus membeli produk anda?
Hal-hal simpel seperti ini bisa sangat membantu membangun hubungan dengan follower. Ketika mereka sudah lihat dan mengerti, menjual produk akan lebih mudah.
4. Buat Vlog
Vlogging kini tidak hanya di Youtube. Dengan IGTV, anda bisa melakukan ini karena metodenya sama persis. VIdeo vlog terbukti banyak diminati oleh pengguna internet karena penonton merasa dilibatkan dalam perjalanan bisnis anda.
Contohnya misalnya anda punya agenda untuk mengunjungi supplier untuk kemasan produk anda. Anda bisa merekam video kunjungan anda dan memperlihatkan seberapa aman dan bagus kemasan yang anda gunakan.
Menyampaikan benefit dan value dalam vlog akan lebih mudah dicerna oleh penonton.

Tips IGTV Vlog seperti yang dilakukan Landa Penders Studio
5. Cross Promote Video IGTV di Instagram
Instagram merupakan salah satu aplikasi medsos yang paling mudah berpindah dari satu konten ke konten lainnya.
Peminat IGTV memang belum sebaik konten dalam bentuk Instagram Feed dan Instagram Stories. Untuk mengantisipasi, anda perlu melakukan promosi setiap anda membuat konten video yang lebih panjang.
Nah, Instagram memberikan fitur agar video di IGTV juga bisa ditonton cuplikan singkatnya di feed dan story.
Dengan cara ini, user akan diarahkan untuk menonton versi lengkapnya ketika tayangan videonya terpotong. Jadi pastikan beberapa detik pertama konten video anda cukup menarik dan bikin orang penasaran.
Baca juga : Contoh Website Perusahaan dan Toko Online Terbaik
6. Optimasi Judul dan Deskripsi Video IGTV
Saat menentukan judul video, Instagram membolehkan anda menulis maksimal 75 karakter. Namun akan terpotong hanya menjadi 50 karakter ketika ditampilkan di halaman feed Following atau Popular.
Jadi pastikan keyword yang penting taruh di bagian depan atau kalau bisa jangan melebih 50 karakter itu saat memberi judul.
Untuk kolom deskripsi, anda bisa menulis dengan karakter yang lebih banyak hingga 220 karakter. Namun jangan lupa untuk memasukkan hashtag yang relevan agar jangkauannya lebih luas seperti yang anda lakukan di Insta Story atau postingan biasa.
Jangan lupa untuk kasih link ke halaman web/landing page yang tepat.
7. Gunakan Thumbnail IGTV yang Menarik
Mengoptimasi video di IG TV sebenarnya kurang lebih sama dengan teknik optimasi Youtube. Salah satu trik agar menarik penonton adalah dengan membuat thumbnail yang menarik.
Kalau saya sendiri perhatikan untuk optimasi thumbnail ini masih banyak yang jarang dilakukan oleh bisnis maupun influencer. Padahal dengan membuat thumbnail yang menarik, anda bisa meningkatkan persentase viewers konten yang anda buat.
Baca juga : Kenali Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya
Luangkan waktu sedikit untuk membuat thumbnail yang menarik agar hasilnya optimal.
Tips IGTV – Thumbnail yang Menarik
Baca juga : Manfaat Penggunaan Website Bagi Promosi Bisnis Anda
8. Jangan Membuat Vdeo IGTV yang Terlalu Panjang
Mayoritas penonton tidak suka video yang terlalu panjang. Sebagian besar lebih suka menonton video maksimal 10-13 menit. Hanya 25% orang yang menonton video berdurasi lebih dari 20 menit hingga tuntas.
Studi ini juga bisa anda gunakan jika anda membuat konten Youtube.
Jadi anjuran dari saya gunakan pedoman tersebut ketika membuat video. Kalau kelamaan penonton jadi bosan dan bakal ngeskip-skip video yang anda buat.
Jangan lupa 10 -20 detik pertama akan sangat menentukan apakah video anda akan ditonton atau tidak. Jika di awalnya tidak menarik, mereka akan mudah sekali ngeskip ke konten video dari akun lain.
Demikian pembahasan kali ini tentang 7 tips memanfaatkan IGTV untuk bisnis, semoga bisa langsung di terapkan dan dapat mengembangkan bisnis online Anda. Jika artikel ini membantu, Anda dapat membagikan pembahasan ini kepada teman-teman dan tim Anda diluar sana.
Artikel By Gema Alfa Putra